KETERKAITAN ETNISITAS DAN JARINGAN SOSIAL DENGAN
BAHASA
Oleh Rahmat Hidayat, S.Pd.
A.Hakikat
Etnisitas
Waters (1990) mengungkapkan
bahwa pada umumnya orang menghubungkan etnisitas dengan perbedaan berdasarkan
asal negara, bahasa, agama, makanan dan penanda budaya lainnya, dan hubungan
ras untuk pembedaan berdasar penampilan
fisik. Dapat dikatakan bahwa etnis merupakan sekelompok orang yang memiliki
kesamaan karakteristik budaya, bahasa, dan penampilan fisik tetapi memiliki
perbedaan identitas dengan sekelompok orang yang lain.
Thomas dan Wareing
(2007:136) menyebutkan dua konsep yang banyak digunakan dalam pembahasan kelompok etnis yakni “etnis mayoritas” dan “etnis
minoritas”. Etnis mayoritas adalah kelompok budaya yang berperan dominan dalam
mempengaruhi infrastruktur-infrastruktur dalam sebuah negara. Dengan kata lain,
kelompok ini adalah pemegang kekuasaan sosial dan politik. Sementara itu, etnis
minoritas mengacu pada kelompok etnis yang kekuasaan sosial dan politiknya
kecil atau tidak ada sama sekali.
Thomas dan Wareing
(2007:137) menegaskan bahwa keyakinan-keyakinan yang dibentuk oleh etnis
mayoritas dianggap sebagai sesuatu yang normal/wajar. Di lain sisi, segala
sesuatu yang berbeda dari etnis mayoritas akan dianggap atipikal/
tidak wajar atau nyeleneh.
Hal itu pun tampak pada penggunaan bahasa etnis mayoritas dan minoritas.
Etnis mayoritas sering menggunakan bahasa yang menekankan sifat “beda” dari
etnis minoritas. Akan tetapi, etnis minoritas pun dapat membedakan diri mereka dari
etnis mayoritas dalam hal penggunaan bahasa (Thomas dan Wareing, 2007:152).
Ketika orang termasuk dalam
kelompok yang sama, mereka sering berbicara dengan bahasa sama. Namun ada
banyak kelompok berbeda dalam sebuah komunitas, sehingga setiap individu dapat
berbagi fitur linguistik dengan berbagai pembicara lain. Beberapa fitur
linguistik tersebut mengindikasikan status sosial seseorang. Ada juga petunjuk
untuk penanda etnis seseorang. Setiap individu memanfaatkan semua sumber daya
ini ketika mereka sedang membangun identitas sosialnya (Holmes, 2001:175).
B.
Penggunaan Bahasa Sebagai Penanda Identitas Etnis
Etnis minoritas di suatu
negara selalu berusaha untuk membedakan diri mereka dari etnis mayoritas.
Contohnya, etnis minoritas tetap menggunakan bahasa asli mereka yang berbeda
dengan bahasa resmi yang digunakan etnis mayoritas. Tentu saja, etnis mayoritas
ada yang tidak setuju sehingga muncullah label negatif tentang penggunaan
bahasa minoritas. Berikut ini akan dipaparkan status bahasa Afrika Amerika
Vernakular Inggris atau bahasa Ebonik (bahasa khas kulit hitam) di Amerika dan British Black English di negara Inggris.
1. Amerika
Afrika Vernakular Inggris
Dalam buku Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan karya
Thomas dan Wareing (2007:152) dijelaskan bahwa pada tahun 1990 ada kira-kira 30
juta orang Afro-Amerika di AS (sekitar 12% dari total populasi). Sebanyak 80-90
persen kalangan Afro-Amerika ini diperkirakan menggunakan jenis bahasa Ebonics (dari kata “ebony” yang berarti
“hitam” dan “phonics” yang berarti suara. Selain itu, Ebonics juga dikenal sebagai African
American Vernacular English (AAVE, bahasa sehari-hari (vernakular) dari
kalangan Afro-Amerika).
Dialek AAVE ini memiliki
sejumlah fitur yang tidak terjadi dalam standar utama Amerika Inggris, dan
lain-lain yang terjadi sangat jauh lebih sering dalam variasi standar. Tindakan
linguistik berbeda ini sebagai simbol etnisitas (Holmes, 2001:177). Mereka
mengekspresikan banyak rasa kekhasan budaya Afrika Amerika.
Ada banyak kalangan
masyarakat Eropa-Amerika dan bahkan kalangan Afro-Amerika yang menganggap bahasa
Ebonik bukanlah bahasa yang normal/wajar. Penyebabnya adalah ebonik sebagai
varian dari bahasa Inggris memiliki perbedaan dengan bahasa Inggris standar di
Amerika. Bahkan banyak yang memandang bahasa Ebonik/AAVE ini sebagai bahasa
Inggris yang “rusak” atau penuturnya dianggap “bodoh, tidak berpendidikan.”
AAVE terdengar terutama di
kota-kota utara di Amerika Serikat. Salah satu fitur yang paling khas adalah
tidak lengkapnya kata kerja kopula be dalam
beberapa konteks sosial dan linguistik. Dalam kebanyakan konteks tuturan,
pembicara bahasa Inggris standar menggunakan bentuk kata kerja be dipersingkat atau dikurangi. Dengan
kata lain, orang tidak biasa mengatakan She
is very nice tetapi She’s very nice. Mereka
mengurangi atau menyingkat is to s.
African American Vernacular English
|
American Standard English
|
She very nice
He a teacher
That my book
The beer warm
|
She’s very nice
He’s a teacher
That’s my book
The beer’s warm
|
Secara jelas dapat
disimpulkan bahwa tata bahasa AAVE memiliki beberapa fitur yang tidak terjadi
dalam tata bahasa orang Amerika putih. Namun, ada banyak fitur bahasa Inggris
yang digunakan oleh kelompok-kelompok sosial ekonomi rendah di Amerika Serikat
yang juga terjadi pada AAVE. Pada umumnya pembicara AAVE hanya menggunakan
fitur ini lebih sering daripada orang Amerika putih (Thomas dan Wareing,2007:158).
2. British
Black English
Di Inggris, cara etnis
minoritas yang berbeda dalam berbicara bahasa Inggris sering sekali memiliki
kekhasan sama. Bahasa Inggris etnis yang berbicara bahasa minoritas seperti
Gujarat, Punjabi, dan Turki pada umumnya memberi sinyal latar belakang
etnisnya. Dan orang-orang India atau Afrika asal Karabia menggunakan batasan
varietas, tergantung pada tempat mereka tinggal di Inggris dan berapa lama
keluarga mereka telah tinggal di Inggris. Mereka yang lahir di Inggris Raya
biasanya digambarkan sebagai anggota kelompok masyarakat kulit hitam Inggris
dan sebagian besar berbicara variasi bahasa kreol Jamaika sama baiknya dengan
variasi bahasa Inggris.
Variasi bahasa Kreol Jamaika yang digunakan oleh orang
kulit hitam Inggris dikenal sebagai Patois. Orang Jamaika di London, misalnya
adalah variasi London Patois. Variasi tersebut berasal dari bahasa Kreol
Jamaika, tetapi memiliki sejumlah fitur yang membedakannya dari variasi
Jamaika.
Contoh:
Polly adalah seorang remaja kulit hitam Inggris yang tinggal di Midlands
Barat. Orang tuanya datang ke Inggris dari Jamaika pada tahun 1963 untuk
mencari pekerjaan. Meskipun Ibu Polly memiliki pendidikan baik di Jamaika,
satu-satunya pekerjaan yang mampu ia temukan di Dudley adalah membersihkan kantor
pada malam hari. Ayah Polly bekerja di pabrik tetapi sekarang dia dipecat dan
telah menganggur selama hamper dua tahun. Mereka tinggal di lingkungan yang
didominasi orang hitam dan hampir semua teman Polly adalah orang kulit hitam
muda. Polly dan orang tuanya mendatangi gereja Pentekostal lokal. Kakaknya juga
menghadirinya, tapi ia telah berhenti sejak ia keluar sekolah
C.
Jaringan
sosial
Jaringan dalam
sosiolinguistik mengacu pada pola hubungan informal orang yang terlibat secara
teratur (Holmes, 2000:184). Ada dua istilah yang telah terbukti sangat berguna
untuk menggambarkan berbagai jenis jaringan – kepadatan dan kompleksitas.
Kepadatan mengacu pada apakah anggota jaringan seseorang berhubungan satu sama
lain. Apakah teman-teman Anda mengenal satu sama lain secara independen? Jika
demikian jaringan Anda memenuhi kepadatan. Hubungan mengenal dan berinteraksi
secara teratur dengan sesama teman Tom, sama baiknya dengannya. Jelas bahwa Tom
milik jaringan padat. Berikut ini ilustrasi tentang jaringan sosial yang
dimiliki oleh Tom.
Contoh:
Tom tinggal di Ballymacarrett, daerah timur protestan dari Lagan sungai
di Belfast. Dia berumur 18 tahun dan bekerja sebagai pekerja magang di galangan
kapal. Dia mendapatkan pekerjaan melalui Paman Bob dan Ia memiliki sepupu Mike
yang bekerja di tempat sama. Ia dan Mike tinggal di jalan yang sama dan hampir
setiap malam mereka minum bir bersama-sama setelah bekerja. Mereka juga
menjalankan disko dengan dua temannya, Jo dan Gerry, dan itu berarti bahwa
beberapa malam dalam seminggu mereka melakukan perjalanan melintasi kota untuk
tampil di tempat yang berbeda.
Cara Tom dan sepupunya
berbicara merefleksikan fakta bahwa mereka milik sebuah komunitas pekerja kecil
yang hubungannya erat. Laki-laki yang bekerja dengannya dan campur dengan
pekerjaan di luar hubungan dan juga tetangga, mereka semua berbicara sama. Pola
yang dicatat pada bagian sebelumnya menunjukkan bahwa sebagai anggota dari
kelas pekerja, mereka akan cenderung menggunakan bentuk yang lebih vernankular
disbanding kelompok sosial lainnya. Tom dan temannya menggunakan sejumlah besar
bentuk tuturan vernankular.
Mereka sering menghapus th [
] pada mother dan brother, dan mengucapkan man dengan [mo:n], dan map dengan [ma:p]. Sebaliknya
orang-orang dalam komunitas Tom yang tidak memiliki bagian lebih dalam
kekerabatan, tetangga dan jaringan kerja-yang lebih marginal- cenderung
berbicara kurang ‘luas’. Misalnya, Sandy, seorang laki-laki yang hidup di tepi
Ballymacarret bekerja sebagai pegawai negeri. Dia datang dari Irlandia Selatan
dan tidak memiliki keluarga di Belfast. Ia melihat orang seperti Tom hanya
sesekali di pub. Dia tidak benar-benar bagian erat dari para lelaki
Ballymacarret dan tuturannya mengungkapkan hal ini. Ia menggunakan bentuk
vernankular jauh lebih sedikit daripada Tom dan Mike.
Plexity adalah ukuran
dari berbagai jenis orang yang terlibat dalam transaksi dengan individu yang
berbeda. Hubungan uniplex adalah
salah satu tempat link dengan orang lain dalam satu bidang. Anda dapat
dikaitkan dengan orang lain misalnya hanya karena Anda bekerja bersama, mungkin
Anda bermain badminton bersama dan tidak pernah bertemu dalam konteks lain.
Jika sebagian besar transaksi dalam komunitas adalah dari jenis jaringan ini,
akan ditandai sebagai uniplex. Hubungan
multiplex sebaliknya, melibatkan
interaksi dengan lainnya sepanjang beberapa dimensi. Jika sebagian besar
transaksi dalam komunitas seperti itu, jaringan akan dianggap multiplex. Jaringan Tom adalah multiplex karena orang-orang yang
bekerja dengannya, juga merupakan teman di pub, relasi, dan tetangga.
Tidak mengherankan bahwa
tuturan orang harus mencerminkan jenis jaringan yang dimiliki. Orang yang
berinteraksi dengan kita adalah salah satu pengaruh penting pada tuturan.
Ketika ada orang yang bergaul dengan kita secara teratur memiliki kelompok
homogen, biasanya kita akan berbicara sama dengan kelompok tersebut. Siapa yang
berbicara dengan kita dan yang mendengarkan secara teratur adalah pengaruh
penting pada cara kita berbicara.
SUMBER
REFERENSI
Holmes, Janet. 2001. An Introduction to
Sociolinguistics. London: Pearson.
Thomas, Linda dan Shan Wareing. 2007. Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan. Yogyakarta:Pustaka
Pelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar